puskesmastanon2@gmail.com

|

085229790907

SEHATMU BAHAGIAKU

27
September

Pemberian Obat Cacing pada Anak Paud, TK, dan SD/MI

Pemberian obat cacing merupakan program dari pemerintah yang dilaksanakan satu tahun dua kali atau 6 bulan sekali yang bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi. Sasaran pemberian obat cacing yaitu anak PAUD, TK, dan SD/MI yang berada di Kecamatan Tanon. 

Obat cacing dapat membunuh larva atau cacing  yang berada pada tubuh manusia. Sehingga dengan minum obat cacing anak-anak akan hidup sehat dan tubuhnya bebas cacing, sehingga akan tumbuh besar dan tinggi secara maksimal. 
Saat pemberian obat cacing, petugas kesehatan juga memandu anak-anak untuk menerapkan pola hidup sehat seperti cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan serta setelah melakukan kegiatan atau aktivitas dan saat berada di luar rumah.

Obat yang digunakan adalah Albendazol. Dosis obat anak usia 1 sampai dengan 2 tahun diberikan ½ tablet (200 mg) dan usia 2 sampai dengan 12 tahun diberikan 1 tablet (400 mg). Obat cacing diberikan kepada anak yang dalam kondisi sehat, apabila anak kurang sehat dan demam, maka dapat ditunda.
Anak – anak dipandu oleh petugas kesehatan dan para guru untuk minum obat cacing bersama di sekolah setelah menerima obat cacing dari petugas kesehatan dan sebelum minum obat cacing harap dipastikan terlebih dahulu anak sudah makan. Setelah obat diminum, kemudian dilakukan evaluasi selama 30 menit, apabila anak mengalami mual atau muntah, maka dari pihak sekolah dapat menghubungi bidan desa atau puskesmas terdekat.

Ayo minum obat cacing bersama

Sehatmu Bahagiaku

0 Komen

Komentar

gambar

PUSKESMAS
TANON II

SEHATMU BAHAGIAKU

Follow Us
Contact Us

JL.RAYA SRAGEN -GEMOLONGKM20 DESA KARANG ASEM TANON SRAGEN

085229790907

puskesmastanon2@gmail.com

Copyright © Dinas Kesehatan Kab. Sragen. All Rights Reserved.